Sebuah “PR” untuk Cikijing

Sistem drainase di komplek Terminal Bis Cikijing sudah tak berfungsi lagi. Saat hujan deras  sudah dapat dipastikan seluruh badan jalan akan tergenang aliran air hujan. Ya…memang Cuma banjir kecil saja… tak sampai mengakibatkan kerugian besar apalagi sampai jatuh korban.

Ini adalah potret yang diambil pada tanggal 21 nopember 2011 dengan lokasi di Jl.Rama Cikijing jalan yang menuju ke terminal bis Cikijing. Saat itu hujan cukup deras hingga membuat sebagian jalan tergenang air hujan, dan lagi-lagi penyebabnya adalah drainase yang tak berfungsi dan membuat  Jl.Rama Cikijing terkena banjir kecil.

Sebenarnya banjir tersebut bukan kali pertama terjadi, namun tak pernah ada tindakan serius dari masyarakat atau pemerintah setempat. Yah mungkin karena banjir yang terjadi masih dalam skala kecil, sehingga dianggap sebagai sebuah hiburan alam saja.

Mungkin nanti, kalau banjir ini meningkat ke skala yang  lebih tinggi hingga mengakibatkan kerugian harta atau korban jiwa, barulah diadakan upaya penanggulangan bajir.

Tentu saja kita tidak ingin selalu bersikap menyalahkan pemerintah, karena semua masyarakat punya peran dan fungsi masing-masing yang sangat mendukung, untuk menciptakan kota Cikijing Bebas banjir. Tetapi, hendaknya sebagai pemegang peran penting, untuk menciptakan kondisi lingkungan yang terbaik, alangkah baiknya jika prioritas penyelesaian masalah benar-benar di perhatikan dengan perhatian yang khusus sedini mungkin. Tidak justru, yang kita tahu penangananya selalu dipikirkan setelah banjir terjadi,setelah banjir menggenang, setelah banjir memakan korban, barulah  nanti kerepotan.

Bagaimana  masa depan kota Cikijing  bagi anak cucu kita. Pernahkah kita berfikir atau membayangkan bagaimana perkembangan kota Cikijing dalam 5 tahun kedepan ? atau 10 tahun kedepan? Akankah seperti ini saja ataukah akan lebih nyaman, lebih aman bahkan lebih menyenangkan ?
Jika banjir kecil ini kita biarkan saja, maka sebenarnya kita sedang menciptakan banjir yang lebih besar di masa yang akan datang. Jika mencegah banjir kecil saja tidak mampu, bagaimana bisa mencegah banjir yang lebih besar..?!

Sudah banyak kita saksikan bencana-bancana yang terjadi di daerah lain, termasuk kerugian harta benda yang tidak sedikit karenanya, akankah kita selalu mengkambinghitamkan faktor alam ? Pernahkah kita telaah kejadian-kejadian tersebut ? Ataukah hanya dijadikan sebuah tontonan saja ? Benarkah semua musibah itu bencana alam murni ? atau cukup berpendapat bahwa  Tuhan sedang marah ?
“Kini saatnya kita berfikir dan bertindak secara bijak demi  kota kita tercinta”

Salam Lestari
AIR

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita. Tandai permalink.

3 Balasan ke Sebuah “PR” untuk Cikijing

  1. Tangkal awi berkata:

    Betul sngat menghawtirkn bgt, CKj lautan Sampah dikala hujan,.mashh bnyk msarakat yg mengaggap sepele Buang sampah yg Bukan ditempaynya,apalgi penghuni Pasar Ckj yg mengahsilkan sampah bgitu bnyaknya tiap hari,mkanya dikala hujan terminal,jalan jalan utama jdi lautan sampah.sha nu slahhhh?? Wahangan jdi laleutik,trs bnyk yg ditutup diratain sma halam rumah.sma warganya sndiri..akhirnya air tumpah ke jalan,,jdi wajar dikala hujan menjadi lautan sampah di ckj krna drainesa yg tdk berfungsi,,tdk mustahil banjir yg tdinya setumpit jdi satu’ur,,lami lami jdi sadada.smoga tdk.,solusinyaaaaa?? Saladarrrr uyyy.

    • AIR berkata:

      air hujan mengalir di jalan, bikin jalan jadi rusak, efeknya kendaraan umum pun enggan masuk ke terminal, imbasnya para pedagang jadi sepi pengunjung,,,,itulah akibat buang sampah sembarangan tak hanya bikin banjir ttp perusahaan pun ikut kena imbasnya.
      Coba kalo lingkungannya bersih, nyaman dan sejuk ,saya yakin dapat mendukung kemajuan usaha dilingkungan setempat.

  2. Hendra Riadi berkata:

    “Ah… Kajeun ieuh da imah kuring mah teu ka banjiran jeung teu gareuleuh ku sampah….. ” mungkin itu kata-kata pembelaan yang sering muncul. tapi cepat atau lambat hal ini kalau di biarkan terus akan mempengaruhi geliat Bisnis Kota Cikijing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s