SISKAMLING

Sistem Keamanan Lingkungan (SISKAMLING) atau yang lebih sering disebut dengan RONDA adalah kegiatan yang dilakukan oleh beberapa warga masyarakat untuk menjaga kemanan lingkungan, biasanya setiap warga bermusyawarah terlebih dahulu sebelum melakukan siskamling, guna untuk membagi tugas pada hari apa dan di bagian mana saja seseorang/lebih bertugas. Siskamling biasanya dilakukan oleh para laki-laki dan dimulai pada pukul 9 malam sampai dengan jam 3 atau 4 pagi. Kegiatan ini dilakukan bergiliran, biasanya setiap orang hanya mendapat tugas 1 hari dalam seminggu.

Namun, saat ini kegiatan siskamling sudah menurun, sudah jarang ada perumahan dan komplek yang melakukan siskamling, mungkin kegiatan ini masih sering dilakukan di daerah pedesaan saja. Kebanyakan warga yang tinggal di perkotaan lebih percaya kepada portal yang ada di lingkungan mereka, padahal portal itu sendiri kurang menjamin keamanan lingkungannya.

Alat-alat yang biasanya digunakan oleh para peronda salah satunya adalah kentongan dan senter, alat tersebut sangat membantu para peronda dalam mengerjakan tugasnya dan para peronda juga memerlukan suatu tempat berkumpul atau biasa disebut dengan Pos Ronda. Selain itu, kegiatan ronda atau siskamling ini dapat mempererat persaudaraan antar tetangga atau warga, sehingga akan terciptanya lingkungan yang harmonis. Namun selain warga yang menjaga keamanan lingkungannya, dapat juga menggunakan atau meminta bantuan kepada pihak penjaga lingkungan seperti Hansip , Satpam atau bahkan Polisi. Di kota-kota besar biasanya siskamling juga sangat dibutuhkan pada saat libur panjang seperti saat mudik lebaran.

Semoga kegiatan siskamling kembali marak terselenggara di setiap daerah, sebelum terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Terima kasih kepada para penggiat siskamling yang masih aktif. Memang sudah seharusnya kita “ TETAP WASPADA…!”

***

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Tulisan Terbaru. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s