Mau…?? Ngantri Air Bersih??

“Demi memangkas pengeluaran dana akan air bersih dan juga dapat menjaga kelestarian lingkungan, mari kita lakukan gerakan hemat air dimulai dari rumah kita sendiri”

Pernahkah kita menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, tanpa sengaja kita sering membuang-buang air? Pasti tidak. Mungkin saat ini kita sedang dalam kondisi subur dengan air. Aliran dari pipa PDAM masih lancar atau stok air sumur masih melimpah, sehingga kita tidak juga menyadari bahwa diwilayah / kota tertentu bayak masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih. Air bersih di perkotaan besar semakin langka, dan penyebab terbesarnya adalah karena banyak warga yang kurang bijak dalam penggunaan air.
Memang efek dari pemborosan air tidak langsung kita rasakan seketika. Tetapi satu hal yang pasti pemborosan penggunaan air akan mendatangkan bencana pada kita sendiri dan anak cucu kita nanti.

Demi memangkas pengeluaran dana akan air bersih dan juga dapat menjaga kelestarian lingkungan, mari kita lakukan gerakan hemat air dimulai dari rumah kita sendiri.
Berikut tips dalam menghemat air:

  1. Matikan keran jika tidak dipakai. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa air yang mengalir dari keran mencapai 9 liter per menit.
  2. Periksa dan (apabila ada) perbaiki keran yang bocor. Setiap tetesnya dapat mencapai 25 galon per hari.
  3. Gunakan mesin cuci piring apabila piring sudah menumpuk. Jika memungkinkan, gunakan mesin yang hemat energi. Ingat, hemat air menghemat energi, hemat energi menghemat air.
  4. Makanlah makanan yang tidak banyak mengandung daging sapi (beef). Dalam proses membuat hamburger kadang-kadang menggunakan air sebanyak 630 galon. Lihat di sini: The Hidden Water We Use.
  5. Mendaur ulang plastik, kaca, logam dan kertas. Selalu membeli barang-barang dari hasil daur ulang.
  6. Apabila ingin mencuci mobil/sepada motor, gunakan air dalam ember dan kain lap dari pada menggunakan selang air atau cuci mobil di tempat cuci mobil manual dari pada yang mesin karena lebih banyak menggunakan air.
  7. Lebih baik mandi dengan menggunakan shower dengan pancuran sedang daripada menggunakan gayung. Hal ini dapat menghemat air hingga sepertiganya.
  8. Gunakan kapasitas penuh mesin cuci apabila mencuci baju. Hal ini dapat menghemat energi dan juga air.
  9. Air sisa yang mengalir dari mesin cuci dapat digunakan untuk mengepel lantai.
  10. Cuci sayuran dan daging secara terpisah dalam wadah yang sudah diisi sebanyak kurang lebih 4 liter air. Kita bisa memboroskan air 15 kali lebih banyak bila melakukannya di bawah air yang mengalir.
  11.  Upayakan mandi lebih singkat, investasikan toilet rumah dengan yang memiliki fitur menyiram secara ekonomis, matikan keran ketika sedang menggosok gigi, cuci baju hanya jika sudah terkumpul banyak, dan
  12. Bawa botol minuman sendiri daripada selalu membeli air dalam kemasan. Untuk memproduksi botol-botol tersebut diperlukan banyak sekali air. Selamatkan lingkungan dengan mengurangi pembeliannya  dan beli botol minuman berbahan alumunium yang dapat dipakai berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama.

Selalu ingat bahwa air sangat penting bagi semua orang, dan Mulailah Berhemat.

—–oOo—–

Salam Lestari
AIR

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s