Pengelolaan SAMPAH

Pengelolaan Sampah adalah pengumpulan , pengangkutan , pemrosesan , pendaur-ulangan , atau pembuangan dari material sampah. Kalimat ini biasanya mengacu pada material sampah yg dihasilkan dari kegiatan manusia, dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan atau keindahan. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam . Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat , cair , gas , atau radioaktif dengan metoda dan keahlian khusus untuk masing masing jenis zat.

Praktek pengelolaan sampah berbeda beda antara Negara maju dan negara berkembang , berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan , berbeda juga antara daerah perumahan dengan daerah industri. Pengelolaan sampah yg tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sedangkan untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah.

Nah…sekarang bagaimana dilingkungan sekitar anda, apa saja kendala yang anda hadapi? Solusi apa saja yang sudah di tempuh oleh anda, warga atau pemerintah diwilayah tempat tinggal anda ? Apa harapan anda 2 tahun, 5 tahun atau 10 tahun kedepan tentang lingkungan anda ?

Kembali ke

 —–oOo—–

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pengelolaan SAMPAH

  1. Hutan Rimbun berkata:

    khusus untuk Tingkat Desa : buat Perdes ttg retribusi sampah dan petugasnya >> adakan sosialisasi tentang Perdes, dan ttg pemisahan sampah >> Buat TPS di lingk. RT/RW >>> buat Tempat PENGOLAHAN Sampah Sementara Tingkat Desa.

  2. A I R berkata:

    Solusi yang bagus, kami setuju dengan pendapat yang anda tuliskan, namun sayangnya langkah penanggulangan tersebut tak banyak desa mampu merealisasikannya.

  3. Dede Glx berkata:

    Sebenarnya masalah sampah susa-susah mudah….dikatakan susah jika pemerintah dan masyarakat sama-sama MALAS untuk kerjasama menangani persoalan sampah ini.
    Dan di katakan mudah karema memang solusi penanggulangannya sudah lama ditemukan.
    Sekarang semuanya tergantung pada pemerintahan desa itu sendiri….Desa/lingkungannya MAU bersih apa NGGAK ?? kalo memang MAU bersih …ya mesti keberanian untuk tegas !! Soal masyarakat mah pasti NGIKUTIN apa yang telah menjadi peraturan desanya.

  4. razamutt berkata:

    kalo misalnya kita ingin tau informasi pengelolaan sampah yang transparan dimulai dari pembiayaan sampai tata cara prosedur pengelolaan sampah cari tau di web apa ya ? saya perlu referensi kurang dari 20 jam sampai hari besok. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s