Himbauan Saja Tak Akan Berarti

“Sepertinya yang dibutuhkan masyarakat bukanlah sekedar himbauan saja namun lebih mengharapkan langkah jelas dan tegas dari pemerintah dalam melaksanakan program atau konsep tentang pelertarian lingkungan tersebut.”

Konsep-konsep pelestarian alam dan lingkungan telah banyak diciptakan oleh pemerintah dan para pakar pemerhati lingkungan. Paparan serta penjelasan tentang pentingnya kelestarian lingkungan bermunsulan diberbagai media termasuk pada media online. Himbauan pemerintah melalui media televise semakin sering kita saksikan. Iklan-iklan dari berbagai perusahaan pun ikut perhartian untuk memberikan aspirasinya terhadap alam dan lingkungan. Hal itu di tujukan demi mengembalikan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam.

Jika kita perhatikan dan cermati pada kenyataan yang terjadi, sepertinya masyarakat kurang begitu tertarik untuk mengikuti himbauan –himbauan tersebut. Dan sepertinya yang dibutuhkan masyarakat  bukanlah sekedar himbauan saja namun lebih mengharapkan langkah jelas dan tegas dari pemerintah dalam melaksanakan program atau konsep tentang pelertarian lingkungan tersebut.

Jika memang kelestarian alam dan lingkungan merupakan hal penting yang harus di wujudkan, seharusnya pemerintah meng-agendakannya dalam kegiatan – kegiatan rutin yang wajib diselenggarakan dan diikuti oleh semua unsur  pemerintah. Bukan hanya diselenggarakan untuk memperingati hari-hari tertentu saja.

Jutaan himbauan dari pemerintah dan perusahaan-perusahaan tentang pelestarian lingkungan tidak akan berarti apa-apa bagi masyarakat, jika para pemerintah dan perusahaan itu sendiri tidak berusaha menjadi teladannya. Contoh kegiatan nyata dalam keseharian akan lebih didengar daripada sebuah himbauan.

Mari kita lihat dan cermati kondisi fisik daerah tempat kita tinggal, atau lingkungan sekitar kita misalnya. Dari tahun ke tahun kondisi fisik lingkungan tidak mengalami perubahan kearah yang semakin lebih baik, lingkungan tempat kita tinggal bukannya semakin rapih malah semakin semrawut, udara yang kita rasakan bukannya semakin sejuk tapi malah semakin gersang dan membuat tidak nyaman. Apalagi ditambah dengan perubahan cuaca saat ini yang sedang tidak menentu.

Semakin sulit dan jarang rasanya kita menemukan udara sejuk , tempat yang  nyaman dan pemandangan yang asri menenangkan. Bahkan untuk mendapatkan hal tersebut tak jarang kita harus rela mengeluarkan biaya sebagai bayarannya. Karena tempat-tempat asri dan menyejukan tersebut sekarang sudah banyak menjadi aset dagangan bagi para pemilliknya.

Haruskah kita selalu  mengeluarkan biaya untuk setiap kali ingin merasakan kesejukan udara. Haruskah kita selalu membayar untuk merasakan tempat yang asri dan nyaman. Mari kita mulai fikirkan  masa depan anak cucu kita, tidak hanya dari segi pendidikan dan perekonomian saja, selayaknya kita juga mempersiapkan lingkungan yang bersih dan nyaman untuk masa depan mereka.

—-oOo—-

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita, Tulisan Terbaru dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s