Penilaian Masyarakat Terhadap Suatu Organisasi

Dalam kehidupan bermasyarakat  kita mengenal  kelompok-kelompok  atau komunitas-komunitas yang terbentuk dari sebuah kesamaan-kesamaan tertentu. Misalnya dari kesamaan hoby, prinsip hidup, bakat, keahlian, dan sebagainya. Biasanya dalam sebuah organisasi yang baik akan terdapat rencana-rencana atau program-program untuk mewujudkan visi misi dari organisasi tersebut. Agenda kegiatan pun disusun sebagai langkah untuk memudahkan terlaksananya program-program sebuah organisasi.

 Keanekaragaman jenis organisasi menumbuhkan banyak kreatifitas, dan ini terlihat dari berbagai kegiatan-kegiatan yang diselenggarakannya. Penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu organisasi tentunya akan menciptakan penilaian-penilaian tersendiri dari masyarakat. Banyak bentuk aspirasi masyarakat yang merasa suka terhadap kegiatan suatu organisasi, misalnya ikut serta dalam kegiatan tersebut , mengusulkan agar kegiatan tersebut kembali diselenggarakan, bahkan ada pula yang ikut bergabung menjadi anggota dari organisasi tersebut.

Banyak cara yang dilakukan organisasi-organisasi dalam meningkatkan penilaian masyarakat terhadap eksistensi keberadaannya, banyak juga strategi-strategi yang dilakukan untuk meraih simpati dari masyarakat terhadap organisasi. Hal itu dilakukan agar keberadaan organisasi tersebut dapat diterima oleh masyarakat.

Apapun yang dilakukan sebuah organisasi akan menimbulkan reaksi tertentu dari masyarakat. Oleh karena itu setiap organisasi yang baik akan selalu mempertimbangkan reaksi atau pengaruh yang akan terjadi pada masyarakat. Dan organisasi yang baik tidak akan menyelenggarakan  kegiatan – kegiatan yang akan merugikan masyarakat, melainkan ia akan berusaha menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendatangkan kebaikan bagi masyarakat.

Sudah menjadi satu keharusan bagi setiap organisasi memperhatikan manfaat dari program-program kegiatan yang direncanakannya. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya bermanfaat bagi organisasi bersangkutan, tetapi juga diharapkan tidak merugikan atau meresahkan masyarakat .

—-oOo—-

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita, Tulisan Terbaru. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s