Prokasih AIR 2012 di Cipadung – Sindangpanji

Prokasih adalah salah satu agenda kegiatan yang dimiliki organisasi AIR , kegiatan ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan  dan alam.
Salah satu sasaran kegiatan Prokasih AIR untuk tahun 2012 ini adalah kawasan Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka, tepatnya di jalur Jalan Cipadung.

Selama ini kami prihatin dengan keadaan jalan Cipadung yang dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Bahkan seringkali pelaku pembuang sampah di jalan cipadung ini berasal dari luar wilayah desa setempat , mereka sengaja datang hanya sekedar untuk membuang sampah.

Sebenarnya dijalur ini bukan tidak pernah dilakukan pembersihan, dari pihak BINA MARGA  pun secara berkala sudah melakukan  upaya pemeliharaan. Pada minggu ke-4 bulan Februari 2012, pihak BINA MARGA telah melakukan pembersihan sampah di wilayah ini . Namun selang beberapa hari, sampah kembali menumpuk . Dan hal ini selalu terulang dari tahun-ke tahunnya.

Maret 2012 tepatnya hari Jum’at, Sabtu dan Minggu tanggal 23, 24 dan 25 Maret 2012, dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, Kami (Organisasi AIR) bekerjasama dengan RESPAN (Remaja Sindangpanji) telah selesai melaksanakan kegiatan Prokasih AIR 2012, dengan berlokasi di kawasan Sungai Cipadung Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing  Kabupaten Majalengka.

Pelaksanaan kegiatan Prokasih dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari  Pembersihan dan penimbunan sampah yang ada dibahu jalan, Pengangkatan sampah yang menyumbat aliran sungai, Pemasangan papan himbauan dan Eksplorasi Sumber Daya Alam Cipadung.

Dalam Prokasih AIR 2012, selain pembersihan sampah kami juga mencoba untuk menelusuri serta mengeksplorasi potensi yang ada di Sungai Cipadung, salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa titik air terjun yang kami temukan di sepanjang aliran Sungai Cipadung untuk dijadikan sebagai tempat wisata alam. Hal ini kami maksudkan agar masyarakat ikut serta memelihara dan mempertahankan kelestarian alam di jalur Cipadung ini, setidaknya masyarakat tidak lagi menjadikan jalur jalan Cipadung sebagai tempat pembuangan sampah.

Minggu 25 Maret 2012 17:00 WIB, kami selesai melaksanakan kegiatan pembersihan sampah . Dan seperti yang dialami BINA MARGA, ke esokan harinya sekitar jam 09:00 WIB kami menemukan satu katong plastik sampah tepat dilokasi yang kami bersihkan kemarin dan kami pasangi papan hibauan larangan pembuangan sampah. Kemudian sekitar jam 16:00 WIB sampah sudah bertambah, ada 3 karung sampah baru yang memang sengaja di buang dilokasi tersebut.

Sungguh ironis, disatu sisi kami sangat mengharapkan  jalur Cipadung ini terbebas dari sampah dan dan tetap terpelihara kelestariannya. Namun disisi lain masih banyak yang ditidak mempedulikannya.

“Kecewa !” atas tindakan si pembuang sampah di jalur ini, terasa benar-benar tidak menghargai upaya kami  dalam melestarikan kawasan Cipadung ini.

Terlepas dari itu, kami berniat untuk tetap mencari solusi, dan kami mengharapkan sekali peran serta seluruh elemen masyarakat untuk membatu kami dalam mengupayakan pelestarian alam dan lingkungan di jalur Cipadung ini.

Dan untuk Anda  yang terbiasa membuang sampah di jalur jalan Cipadung, Kami mohon dengan hormat pengertian anda untuk menghentikan kebiasaan anda membuang sampah di jalur Jalan Cipadung ini.

Jika Anda ingin membang sampah … ada bak penampungan sampah di Pasar Cikijing, sisihkan saja sedikit uang sebagai rasa terimakasih anda untuk para petugas kebersihan disana, tidak mahal kok ! cukup 2 – 5 ribu perak saja dan kami yakin uang yang anda keluarkan tidak akan membuat Anda JATUH MISKIN…!

Salam Lestari…!

—–oOo—–

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Aktivitas Air, Tulisan Terbaru dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s