CURUG BATU LAWANG

CURUG BATU LAWANG merupakan nama baru yang diberikan Tim Ekspedisi, dulu pada masa penjajahan dikenal sebagai Curug Cipadung, secara administratif masuk wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Terletak ±2 km dari Kota Cikijing, atau tepatnya di Blok Cipadung Desa Sindangpanji.

Adalah satu lokasi yang sangat berpotensi untuk dijadikan Obyek Wisata Alam  dimana memiliki 6 buah Air Terjun dengan ketinggian 2 – 3 m dan terdapat 2 buah Goa dengan kedalaman 3 m.

Akses

Akses menuju lokasi ini sangat gampang sekali karena pintu gerbang CURUG BATU LAWANG  ini dilewati Jalan Raya Cikijing – Kuningan, hanya saja jalan untuk menelusuri ke 6 air terjun ini masih sulit sebab lokasi ini baru berhasil ditelusuri kembali oleh Tim Eksplorasi AIR (Aktivitas Rimbawan) dan RESPAN pada tanggal 23-25 Maret 2012.

Potensi

Lokasi ini sangat cocok untuk Camping, Tracking, Wisata keluarga, dan sarana Pendidikan Lingkungan Hidup. hanya saja belum banyak yang dapat kami eksplor dari tempat ini (Semoga kedepan kami bisa lebih) baik itu dari segi Sejarah/Mitos, Flora, dan Fauna.
Penataan lokasi ini sangat diperlukan demi ketersedian air dan tempat wisata yang bisa menjadi aset bagi daerah kita sekaligus bisa menjadi pilot project bagi Kecamatan Cikijing dalam hal Pariwisata dan usaha pelestarian lingkungan, sebab sampai saat ini Cikijing belum mepunyai satupun tempat pariwisata. Dan yang paling penting sekali lagi adalah bahwa Kawasan Cipadung ini dimana terdapat Curug Batu lawang merupakan Daerah Resapan Air  yang selama ini beritanya hanya dikenal dari kejadian LONGSOR saja.
Semoga. __hr

———-oOo———-

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita, Pengetahuan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s