Mengenalkan Anak Dengan Alam

Belajar Mengenali Serangga

Belajar Mengenali Serangga (Foto. Hendra Riadi)

Tanpa disardari sebagai orang tua kita seringkali membuat banyak pantangan dan larangan bagi anak-anak kita. Padahal, belum tentu pantangan itu benar secara medis. Banyaknya pantangan dan larangan ini akibat budaya masyarakat kita yang memang masih budaya lisan. Selain asupan makanan bergizi, anak juga memerlukan ruang cukup untuk bergerak, beraktivitas, mengekplorasi dunia dan sekelilingnya sekaligus berinteraksi dengannya.

Intinya, pantangan boleh-boleh saja asal tepat dan tidak berlebihan, kita sebagai orang tua hanya tinggal memilah mana yang mengandung logika kesehatan dan mana yang tidak, mana yang membahayakan jiwanya  dan mana yang tidak. Pantangan yang berlebihan seakan-akan menjadikan anak seperti benda antik yang tak pernah dibawa keluar. Hal ini juga disayangkan, karena anak akhirnya tidak terpapar secara alamiah.

Belajar Bercocok Tanam 1

Belajar Bercocok Tanam 1 (Foto.Hendra Riadi)

Jika kita amati anak-anak yang gemar bermain di luar rumah kini semakin jarang ditemukan karena adanya teknologi (Game, Internet,dsb) yang lebih mampu menyita perhatian mereka. Padahal menghabiskan waktu di luar rumah jauh baik bagi perkembangan anak-anak.

Jika Anda ingin putra-putri Anda memiliki hobi di luar ruangan, sebaiknya mulai sekarang Anda mengajak anak-anak untuk lebih sering keluar rumah. Anda pun bisa mengenalkan beberapa kegiatan untuk anak Anda agar mereka semakin mencintai alam seperti beberapa contoh berikut ini.

  • Mengamati Burung (Birdwaching)
  • Mengenalkan fenomena alam atau cuaca (Meteoroligi)
  • Mengamati/melihat bintang (Astronomi)
  • Mengenali serangga atau lomba berburu serangga
  • Memelihara ikan hias di akurium/kolam hias
  • Memelihara tanaman atau bisa juga tanaman hias
  • Belajar memotret pemandangan alam / lingkungan (Fotografi)
  • dll.
Belajar Bercocok Tanam 2

Belajar Bercocok Tanam 2 (Foto.Hendra Riadi)

Apakah anak Anda sudah pernah melakukan salah satunya? Jika belum, hobi mana yang kira-kira Anda tertarik untuk dikenalkan pada anak? Jangan pernah takut mengenalkan anak kepada alam. Sebab kegiatan diluar/outdoor memiliki banyak keuntungan. Selain untuk mengenalkan alam sehingga si anak bisa mengeksplorasi rasa penasarannya, juga dapat membantu meningkatkan kemampuan  motorik  serta memungkinkan mereka mendapatkan udara segar.

Beri kesempatan kepada anak anda untuk sejenak menjauh dari kebisingan kota, menghirup udara segar pegunungan juga memandang dan merasakan kesejukan yang diberikannya.

____oOo____

Tentang AIR ( Aktivitas Rimbawan )

Komunitas Pelestari Lingkungan Hidup
Pos ini dipublikasikan di Jendela Kita, Pengetahuan, Tulisan Terbaru dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s